Wednesday, July 24, 2024
HomeUncategorizedRujak Cingur Absah Makanan Khas Kota Jawa Timur Sekarang Masuk Dalam 10...

Rujak Cingur Absah Makanan Khas Kota Jawa Timur Sekarang Masuk Dalam 10 Makanan Olahan Terenak Dengan Versi TasteAtlas

Salah satu makanan khas Indonesia kembali masuk daftar TasteAtlas. Platform panduan online untuk makanan tradisional, review kritikus makanan, serta tulisan penelitian mengenai bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia itu memasukkan rujak cingur dalam urutan ke-8 dari 10 daftar makanan terbaik dengan mangga.

Mengutip dari akun Instagram resminya @tasteatlas, Kamis (13/6/2024), rujak Indonesia juga masuk dalam daftar hal yang demikian ialah menempati peringkat ke-4. Sementara posisi pertama diduduki coloradoteardropcamper.com oleh aamras sebagai olahan berbahan mangga dari Maharashtra dan Gujarat di India Barat.

Di posisi ke-2 daftar hal yang demikian ialah mango sticky rice dari Thailand, lalu posisi ke-3 sorbetes dari Filifina. Sementara di posisi ke-5 mango cutney dari India, dan mango pomelo sago dari Hong Kong yang menempati posisi ke-6, lalu mangguo buding asal China di posisi ke-7, dan baobing dari China di posisi ke-9, serta mamuang nam pla wan di posisi ke-10 daftar hal yang demikian.

Mengenai rujak cingur, mengabarkannya dari laman resminya TasteAtlas menyebutnya sebagai salah satu dari banyak versi rujak Indonesia. “Salad buah yang terdiri dari beraneka buah-buahan tropis, biasanya disampaikan dengan saus pedas dan manis. Rujak cingur termasuk jenis yang unik, karena kecuali buah-buahan, rujak cingur juga mengandung sayur-sayuran dan bahan langka – moncong hewan,” keterangan di laman hal yang demikian.

Secara tradisional, bahan seperti daging sapi atau kerbau diterapkan dalam rujak cingur, walaupun buah-buahan dan sayur-sayuran disampaikan dengan direbus atau mentah. Rujak cingur ini dirangkai dan dibalut dengan saus pedas Indonesia dalam jumlah banyak yang diwujudkan dengan terasi, kacang tanah, gula, dan cabai.

Secara tradisional disampaikan di atas daun pisang dan diberi hiasan krupuk udang. Kudapan beras, krupuk, tahu, atau tempe biasanya disampaikan sebagai lauk pauk. Makanan khas Jawa Timur ini, termasuk hidangan unik dan dapat dengan mudah ditemukan di segala wilayah, serta amat populer di Surabaya.

Rujak Buah Berkali-kali Masuk Daftar TasteAtlas

Sebelumnya pada Mei 2024 lalu, TasteAtlas juga memasukkan rujak Indonesia dalam daftar “Salad Buah Terlezat di Dunia”. Di daftar yang diperbarui per 15 Mei 2024 itu, rujak buah berhasil bertengger di posisi kedua.

Di laman resminya, rujak diceritakan sebagai sajian salad buah tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Jawa. “Ini juga amat populer di Singapura dan Malaysia,” ungkap TasteAtlas.

“Ada banyak jenis di segala negeri, tetapi jenis yang paling populer ialah rujak buah yang terdiri dari buah-buahan segar dengan rasa asam atau hambar yang disampaikan dengan saus pedas dan manis yang mengandung gula aren.”

Sausnya biasanya juga berisi air, kacang tanah goreng, terasi, asam jawa, dan cabai rawit, sambungnya. Sebagian buah yang diterapkan untuk rujak antara lain apel jawa, mangga mentah, pepaya, nanas, dan kedondong.

Bukan hanya rujak, ada pula asinan yang menggenapi posisi lima besar. TasteAtlas menerangkan, “Nama asinan mengacu pada salad tradisional Indonesia yang diwujudkan dengan acar buah atau sayuran. Varietas buah-buahan diyakini berasal dari Jakarta dan varietas sayur-sayuran berasal dari kota Bogor.”

RELATED ARTICLES

Most Popular