Tuesday, July 23, 2024
HomeUncategorizedInfografis 6 Profit Di Indonesia sekiranya Kuasai 61 Persen Saham Freeport

Infografis 6 Profit Di Indonesia sekiranya Kuasai 61 Persen Saham Freeport

Saham pemerintah Indonesia di PT Freeport Indonesia (FI) bakal bertambah 10 persen pada beberapa bulan ke depan. Dengan demikian, total saham yang akan dimiliki pemerintah di PT Freeport Indonesia, merupakan sebesar 61 persen.

“Dalam pengambilalihan Freeport menuju kini 51 persen itu memerlukan 3,5 tahun dan kita berprofesi diam-diam, enggak ada yang tahu. Tahu-tahu kita ambil alih. Dan sebentar lagi, InsyaAllah dalam bulan-bulan depan ini kita akan tambah lagi 10 persen jadi 61 persen,” kata Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Jakarta, Senin 27 Mei 2024.

Presiden Jokowi yang akan mengakhiri periode jabatan keduanya pada Oktober mendatang menerangkan, kepemilikan tiendasdeconveniencia.org saham mayoritas di PT Freeport Indonesia akan memberikan keuntungan besar bagi negara. Bagus itu dalam bentuk royalti, Pajak Penghasilan (PPh) Badan, PPh Karyawan, bea ekspor, sampai bea impor.

“Sekiranya kita bicara Freeport itu bukan milik Amerika (Amerika Serikat) lagi, melainkan telah jadi milik negara kita Indonesia. Sudah jadi milik kita. Itu pengambilalihannya saya buka sedikit, pakai uang. Tak pake daya, melainkan pakai uang. Uangnya ambilnya dari Amerika. Kita bayar ke Freeport,” Jokowi menambahkan berhubungan saham Freeport Indonesia.

Bukan hanya itu. Jokowi menyajikan pelunasan untuk mengambilalih saham Freeport Indonesia akan lunas pada tahun ini. Menurut Jokowi, Indonesia mendapat untung besar lantaran pengambilalihan saham dikerjakan sebelum harga tembaga dunia naik.

Adapun pengamat ekonomi daya dari Universitas Gadjah Mada, Fahmy Radhi, justru menilai meningkatnya kepemilikan saham pemerintah di PT Freeport Indonesia justru merugikan Indonesia ke depannya.

“Padahal Indonesia akan tambahan saham sebesar 10 persen, melainkan kan kompensasi kontraknya diperpanjang sampai 2061. Padahal kan baru berakhir tahun 2041. Ini kan masih lama sekali. Jadi, seperti digadaikan untuk tambahan 10 persen,” ujar Fahmy Radhi berhubungan divestasi saham Freeport.

Terlepas adanya risiko kerugian, apa saja keuntungan didapatkan Indonesia sekiranya menguasai 61 persen saham PT Freeport Indonesia? Bagaimana pula kilas balik divestasi saham Freeport di Indonesia dalam bentang 57 tahun, tepatnya semenjak 1967 sampai 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

Infografis 6 Profit Indonesia sekiranya Kuasai 61 Persen Saham Freeport

Infografis Kilas Balik Divestasi Saham Freeport di Indonesia

RELATED ARTICLES

Most Popular